Perkembangan Industri Kreatif dan Peranannya dalam membangun serta mengembangkan Teknologi Nasional.

Sunday, March 12, 2017

Industri Kreatif yang Berhubungan Dengan Teknologi

Berdasarkan perkembangan industri kreatif saat ini di Indonesia ada beberapa industri kreatif berbasis teknologi yang berhasil dikembangkan dan memungkinkan untuk dilakukan inovasi atau pengembangan teknologi dasar yang dipergunakan pada awalnya untuk nantinya berkembang menjadi sebuah hasil kreativitas yang berteknologi lebih maju, lebih berkualitas dan memiliki kapasitas lebih luas lagi sehingga bisa menjadi penguasa pasar dari beberapa produksi sebelumnya.

Periklanan
Kegiatan kreatif yang berkaitan jasa periklanan (komunikasi satu arah dengan menggunakan medium tertentu), yang meliputi proses kreasi, produksi dan distribusi dari iklan yang dihasilkan, misalnya: riset pasar, perencanaan komunikasi iklan, iklan luar ruang, produksi material iklan, promosi, kampanye relasi publik, tampilan iklan di media cetak (surat kabar, majalah) dan elektronik (Televisi dan radio), pemasangan berbagai poster dan gambar, penyebaran selebaran, pamflet, edaran, brosur dan reklame sejenis, distribusi dan delivery advertising materials atau samples, serta penyewaan kolom untuk iklan. Teknologi tidak pernah lepas dari apa yang disebut komunikasi. Dengan teknologi, suatu arus komunikasi dapat berjalan lebih cepat dan melalui arus itu pula lah suatu teknologi terpublikasikan. Dunia komunikasi telah melahirkan berbagai macam bidang yang tentunya memiliki spesialisasi masing-masing seperti hubungan masyarakat maupun periklanan.

industri-periklanan

Public Relations
Secara singkat, Public relations (PR) merupakan fungsi manajemen yang bertugas untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang baik antara organisasi dengan publiknya. Dalam menjalankan tugasnya, para praktisi PR banyak mempergunakan media dan teknologi sebagai sarana pengiriman pesan, seperti melalui news release, pitch letters, maupun press kits. News release merupakan suatu tulisan yang dikirimkan kepada editor atau reporter suatu media sebagai bahan informasi untuk penulisan suatu berita. Pitch letters merupakan ulasan lebih luas terhadap topik tertentu yang dikirimkan secara eksklusif terhadap editor atau reporter yang diinginkan. Sedangkan press kits, merupakan kumpulan materi publikasi seperti brosur, foto, kartu nama, dan lain sebagainya yang diletakkan dalam satu tempat.

Video News Release (VNR)
Pada dasarnya, VNR sama dengan news release yang sebelumnya telah dikenal, hanya saja menggunakan format audio-visual. Secara singkat, VNR merupakan bentuk multimedia dari news release yang dicetak. VNR dibuat oleh Humas dan diberikan tanpa biaya ke stasiun-stasiun televisi untuk ditayangkan bersama siaran berita lain. Durasinya sekitar 90 sampai 120 detik. VNR mengandung trek audio terpisah sehingga stasiun televisi dapat menggantinya dengan suara reporter mereka sendiri. Penggunaan media ini agak mahal namun juga menguntungkan karena pesan yang disampaikan akan menjadi lebih menarik dan mudah dimengerti.

Editted B-Roll (Outtake) Packages
Editted B-Roll (Outtake) Packages adalah salah satu bentuk dari VNR namun dengan durasi yang lebih panjang yaitu 3-5 menit.  B-Roll lebih efisien dari segi biaya karena tidak melalui proses pengeditan dan dapat bekerja untuk proyek yang cepat.

Satellite Media Tour (SMT)
Satellite Media Tour (SMT) memungkinkan pembicara dari perusahaan yang telah ditunjuk untuk diwawancarai dalam acara TV di berbagai negara selama 3-4 jam dan hasilnya disiarkan ke 15 hingga 25 stasiun televisi di dunia secara bersamaan. Dengan teknologi ini, hanya dibutuhkan beberapa jam untuk wawancara, dan khalayak bisa menyaksikan secara langsung pada saat itu juga melalui chanel TV.

E-SMT
E-SMT adalah SMT yang dilakukan dengan menggunakan teknologi internet dan menggunakan satelit dan komputer dalam proses pengerjaannya. Dengan E-SMT, media dan khalayak dapat ikut berpartisipasi dalam konferensi dimana dengan mengirimkan pertanyaan lewat e-mail baik sebelum, selama atau setelah acara berlangsung.

Webcast
Webcast adalah bentuk produksi penyiaran melalui video streaming dan audio yang digunanakan untuk konferensi pers secara langsung atau acara lainnya.  Webcast dapat disiarkan sesuai permintaan khalayak sehingga bisa diputar ulang di lain waktu.

Interactive News Release
Interactive News Release dikirim melalui e-mail atau dipost lewat website untuk memberikan gambaran umum pada masyarakat atau pada area yang hanya boleh dimasuki oleh pers.

Electronic Press Kits (E-Kits)
E-Kits adalah bentuk press kits dengan menggunakan media internet dan bukan dicetak seperti yang dilakukan sebelumnya. Terdapat CD-ROMs yang berisi informasi, seperti news release, foto produk, dsb.

Blogs atau Web Logs
Blogs atau Web Logs adalah media yang dapat menyebarkan berita, rumor, kritik, dan opini dengan cepat sehingga praktisi humas dapat melihat isu-isu yang beredar yang dapat mempengaruhi klien mereka.

Online Advocacy System
Online Advocacy System mengizinkan sebuah perusahaan untuk mengatur kampanye online yang melibatkan pekerja, investor, para pemegang saham, dan bagian-bagian lainnya untuk mempromosikan kepentingan mereka

Online Media Database
Online Media Database berisi ribuan informasi mengenai reporter dan editor dari USA dan berbagai belahan dunia. Database ini digunakan untuk mencari data pribadi seseorang yang dapat memudahkan para humas untuk melaksanakan pekerjaannya.

Online Tracking and Monitoring System
Online Tracking and Monitoring System membantu praktisi PR untuk melacak apa yang dikatakan media, kompetitor, pelanggan, dan lainnya mengenai klien praktisi PR tersebut.

Arsitektur
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan jasa desain bangunan, perencanaan biaya konstruksi, konservasi bangunan warisan, pengawasan konstruksi baik secara menyeluruh dari level makro (Town planning, urban design, landscape architecture) sampai dengan level mikro (detail konstruksi, misalnya: arsitektur taman, desain interior).

teknologi-arsitektur

Bisnis Online
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan perdagangan barang-barang asli, unik dan langka serta memiliki nilai estetika seni yang tinggi melalui lelang, galeri, toko, pasar swalayan, dan internet, misalnya: alat musik, percetakan, kerajinan, automobile, film, seni rupa dan lukisan. Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat ini kegiatan kreatif yang berkaitan kreasi, produksi dan distribusi produk yang dibuat dihasilkan oleh tenaga pengrajin yang berawal dari desain awal sampai dengan proses penyelesaian produknya, antara lain meliputi barang kerajinan yang terbuat dari: batu berharga, serat alam maupun buatan, kulit, rotan, bambu, kayu, logam (emas, perak, tembaga, perunggu, besi) kayu, kaca, porselin, kain, marmer, tanah liat, dan kapur. Produk kerajinan pada umumnya hanya diproduksi dalam jumlah yang relatif kecil (bukan produksi massal) semua produk ini dapat didapatkan dengan mudah melalui dunia internet. Mengingat bisnis online ini sedang marak berkembang di dunia tak terkecuali di Indonesia. Untuk itu perlu kita garis bawahi bahwa kaitan antara bisnis online ini dengan teknologi informasi sangat erat, karena tidak mungkin adanya bisnis online yang pada dasarnya merupakan hasil perkembangan dari teknologi informasi khususnya internet

Desain
Kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi desain grafis, desain interior, desain produk, desain industri, konsultasi identitas perusahaan dan jasa riset pemasaran serta produksi kemasan dan jasa pengepakan. Adapun sub desain yang berkaitan dengan teknologi informasi yaitu desain grafis. Seperti yang kita ketahui, kunci utama dalam design grafis adalah mempunyai banyak ide dan mampu menguasai beberapa software-software design grafis seperti Desktop Publishing, WebDesign, AudioVisual dan Rendering 3D.

Fashion
Kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi desain pakaian, desain alas kaki, dan desain aksesoris mode lainnya, produksi pakaian mode dan aksesorisnya, konsultansi lini produk fashion, serta distribusi produk fesyen. Peranan teknologi informasi dalam fashion lebih ditekankan dalam membantu pemasaran produk-produk fashion. Karena kebanyakan dari kita saat ini lebih sering membuka sesuatu informasi dari berita sampai berbelanja dari dunia maya

Video, Film & Fotografi
Kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi produksi video, film, dan jasa fotografi, serta distribusi rekaman video dan film. Termasuk di dalamnya penulisan skrip, dubbing film, sinematografi, sinetron, dan eksibisi film. Video adalah teknologi pemrosesan sinyal elektronik mewakilkan gambar bergerak. Aplikasi umum dari teknologi video adalah televisi, tetapi dia dapat juga digunakan dalam aplikasi teknik, saintifik, produksi dan keamanan.

Hubungan antara teknologi informasi dan video ini bisa dilihat dari jenis-jenis video :

    1. Video IP adalah video yang dilewatkan melalui IP. Terdapat tiga kategori video pada saat mereka dipancarkan pada publik baik melewati satelit, melalui kabel, dan melalui IP atau format radio analog.

    2. Videotex, istilah yang dibuat itu untuk menjelaskan peralatan TV yang digunakan untuk menampilkan data berbasis komputer, baik dikirimkan lewat telepon atau lewat kanal pemancar.

    3. Video Out Fitur pada perangkat keras yang bisa menghubungkan kamera ke video in port pada televisi atau monitor dan menampilkan citra digital di layar video.

   4. Video RAM disingkat dengan VRAM. Tipe spesial dari DRAM yang memungkinkan akses direct high speed memory melalui sirkuit video. Jenis memori ini lebih mahal bila dibandingkan chips DRAM yang konvensional.

   5. Video Text, suatu kemampuan untuk mengirimkan mentransmisikan secara dua arah dari suatu gambar dan suara.

Selain itu, teknologi informasi juga berperan dalam video editing, karena dalam mengedit video dibutuhkan berbagai macam software, misalnya Sony Vegas.

industri-permainan-interaktif

Permainan Interaktif
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi, dan distribusi permainan komputer dan video yang bersifat hiburan, ketangkasan, dan edukasi. Subsektor permainan interaktif bukan didominasi sebagai hiburan semata-mata tetapi juga sebagai alat bantu pembelajaran atau edukasi. Permainan interaktif atau lebih kita kenal dengan games sangat diminati oleh masyarakat pada umumnya. Melalui perkembangan teknologi informasi, game ini berkembang menjadi game online yang sedang marak saat ini.

Musik
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi/komposisi, pertunjukan, reproduksi, dan distribusi dari rekaman suara. Sekarang ini sudah banyak software yang bisa digunakan untuk mengolah musik dalam sebuah PC atau laptop, melalui software ini kita tidak perlu memainkan alat musik secara langsung. Beberapa software itu antara lain : Fruity Loops, dll

Seni Pertunjukan
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan usaha pengembangan konten, produksi pertunjukan (misal: pertunjukan balet, tarian tradisional, tarian kontemporer, drama, musik tradisional, musik teater, opera, termasuk tur musik etnik), desain dan pembuatan busana pertunjukan, tata panggung, dan tata pencahayaan. Melalui perkembangan teknologi informasi kita bisa melihat semua seni di dunia ini melaui youtube.

Penerbitan & Percetakan
Kegiatan kreatif yang terkait dengan dengan penulisan konten dan penerbitan buku, jurnal, koran, majalah, tabloid, dan konten digital serta kegiatan kantor berita dan pencari berita. Subsektor ini juga mencakup penerbitan perangko, materai, uang kertas, blanko cek, giro, surat andil, obligasi surat saham, surat berharga lainnya, passport, tiket pesawat terbang, dan terbitan khusus lainnya. Juga mencakup penerbitan foto-foto, grafir (engraving) dan kartu pos, formulir, poster, reproduksi, percetakan lukisan, dan barang cetakan lainnya, termasuk rekaman mikro film.

Layanan Komputer & Piranti Lunak
Kegiatan kreatif yang terkait dengan pengembangan teknologi informasi termasuk jasa layanan komputer, pengolahan data, pengembangan database, pengembangan piranti lunak, integrasi sistem, desain dan analisis sistem, desain arsitektur piranti lunak, desain prasarana piranti lunak dan piranti keras, serta desain portal termasuk perawatannya.

Televisi & Radio
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan usaha kreasi, produksi dan pengemasan acara televisi (seperti games, kuis, reality show, infotainment, dan lainnya), penyiaran, dan transmisi konten acara televisi dan radio, termasuk kegiatan station relay (pemancar kembali) siaran radio dan televisi.

Software
Software memiliki arti kata:
Software disebut juga dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.

teknologi-software

Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.

Sekarang ini berkembang berbagai macam software yang digunakan untuk mempermudah kegiatan hidup manusia.

Antivirus
Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mendeteksi dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan). Beberapa contoh antivirus yaitu : Smadav, Avira, Avast, dll

Robotik
Istilah robot berawal bahasa Cheko “robota” yang berarti pekerja yang tidak mengenal lelah atau bosan. Sedangkan secara terminologi, arti yang paling tepat dengan istilah robot mengandung pengertian “System atau alat yang digunakan untuk menggantikan kinerja manusia secara otomatis”.

Robotika ini merupakan salah satu industri kreatif berbasis teknologi informasi karena dalam pembuatan maupun pemrogramannya dibutuhkan kefasihan menggunakan it.

Animasi
Animasi sendiri berasal dari kata 'to animate' yang berarti menggerakkan, menghidupkan. Animasi juga merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilustrasi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Definisi tersebut mengartikan bahwa benda-benda mati dapat ‘dihidupkan’. Animasi dipandang sebagai suatu hasil proses dimana ek-obyek yang digambarkan atau divisualisasikan tampak hidup. Meskipun demikian animasi tidak secara eksplisit dinyatakan pada obyek-obyek mati yang kemudian digerakkan. Jadi, Animasi dapat kita simpulkan secara sederhana ialah "menghidupkan benda diam diproyeksikan menjadi bergerak" yang di maksud di proyeksikan ialah dengan menggunakan tool proyeksi atau software aplikasi. Di era teknologi saat ini banyak sekali software-software komputer yang men-support pembuatan animasi seperti : Diretor, Adobe Image Ready, Flash, Autodesk 3D Studio Max, Ulead Cool 3D Studio, Autodesk Maya, dll.

Riset dan Pengembangan
Kegiatan kreatif yang terkait dengan usaha inovatif yang menawarkan penemuan ilmu dan teknologi dan penerapan ilmu dan pengetahuan untuk perbaikan produk dan kreasi produk baru, proses baru, material baru, alat baru, metode baru, dan teknologi baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar. Sebagai contoh riset dan pengembangan karya anak bangsa seperti :
             - MOSES (Malaria Observation System and Endemic Surveillance)
MOSES merupakan sistem mikroskop digital yang memanfaatkan kamera di ponsel untuk meneliti darah dankemudahan mengetahui ada atau tidaknya gejala malaria. Inovasi baru ini diciptakan olehtim Big Bang dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang telah menjuarai Image Cup 2009.- JBatik (Batik Fracal). Ini merupakan seni batik tradisional yang dibuat dari perpaduanantara seni, ilmu sains dan teknologi. JBatik ini diciptakan oleh Pixel People Project.

Share:

1 comment: